Makin Menghayati CC5
Karya
Pelayanan Pendidikan Tarakanita mengacu kepada enam unsur pokok sebagai panduan
kebijakan-kebijakan operasional dalam menata dan mengelola karya
pendidikan. Unsur-unsur pokok tersebut diwujudkan dalam nilai-nilai
(values) dengan slogan Cc5, antara lain compassion, celebration,
competence, conviction, creativity, dan community.
1. Compassion
merupakan
perwujudan cinta kasih tanpa syarat dan berbela rasa. kita dituntut memiliki
komitmen sebagai pribadi yang mampu mencintai dengan ketulusan hati serta
berbela rasa, hal ini dapat terwujud dalam:
a.
Mewujudkan kepedulian dan solidaritas dengan sesama yang lemah, miskin,
dan menderita, baik jasmani maupun rohani sesuai dengan teladan Bunda
Elizabeth.
b.
Membuat kebijakan yang mendukung keberpihakan terhadap yang miskin, lemah, dan
tersisih.
c.
Mencintai dengan tulus melampaui batas-batas suku, agama, ras, budaya, status
sosial tanpa diskriminasi.
d.
Ikut serta merasakan penderitaan sesama dengan sikap empati dan keramahan (rela
berkorban, siap sedia,murah hati, penuh perhatian, tenggang rasa, dan terbuka
untuk dialog).
e.
Melayani demi “keselamatan” anak-anak yang dilayani.
f.
Mengembangkan sikap murah hati di antara para “pelayan pendidikan” maupun
peserta didik.
g.
Melayani dengan semangat “demi cinta Allah aku akan menolong mereka yang
berkesesakan hidup, maka aku akan cukup kaya dengan rahmat dan cinta Allah”
2.
Celebration
merupakan
ungkapan iman yang dalam. komitmen kita sebagai pribadi yang mengandalkan diri
sepenuhnya kepada penyelenggaraan Allah , hal ini dapat terwujud dalam :
a.
Melayani dengan penuh kegembiraan.
b.
Sikap kerendahan hati dengan menyadari bahwa kita hanyalah alat di tangan Tuhan
c.
Mengembangkan sikap hidup yang beriman dan berpengharapan
d.
Mengembangkan dan mengamalkan talenta demi kebaikan bersama
e.
Mensyukuri hidup sebagai anugerah
f.
Kerelaan untuk selalu berterima kasih dengan tulus, tanpa banyak mengeluh
maupun menuntut.
g.
Kesiapsediaan yang tinggi dalam melayani anak-anak yang menjadi fokus pelayanan
h.
Mampu melihat berbagai peristiwa dalam pelayanan pendidikan sebagai pengalaman
yang positif, berharga, dan disyukuri.
3.
Competence
merupakan
kemampuan untuk menghargai harkat dan martabat manusia. komitmen kita sebagai
pribadi yang memperjuangkan kehidupan keahlian dan penguasaan pengetahuan, hal
ini dapat terwujud dalam :
a.
Menciptakan ruang gerak untuk berkembangnya pemberdayaan dan pemandirian mereka
yang dilayani
b.
Mengembangkan kecakapan hidup secara optimal dan seimbang
c.
Melayani penuh tanggung-jawab
d.
Mengembangkan budaya eksplorasi
e.
Memperlakukan peserta didik sebagai rekan belajar
f.
Memperhatikan profesionalitas
g.
Mengembangkan pengetahuan tentang lingkungan
h.
Memelihara keseimbangan ekosistem di lingkungan sekitar karya pelayanan
pendidikan.
i.
Memberi ruang untuk berkembangnya IQ, EQ,SQ, AQ secara seimbang kepada tiap
pribadi dan tanpa diskriminasi
j.
Mampu memanfaatkan sarana dan prasarana yang memadai untuk perkembangan.
0 komentar:
Posting Komentar