Cc5

Makin Menghayati CC5
Hasil gambar untuk cc5 tarakanitaKarya Pelayanan Pendidikan Tarakanita mengacu kepada enam unsur pokok sebagai panduan kebijakan-kebijakan operasional dalam menata dan mengelola karya pendidikan.  Unsur-unsur pokok tersebut diwujudkan dalam nilai-nilai (values) dengan  slogan Cc5, antara lain compassion, celebration, competence, conviction, creativity, dan community.

 1. Compassion 
merupakan perwujudan cinta kasih tanpa syarat dan berbela rasa. kita dituntut memiliki komitmen sebagai  pribadi yang mampu mencintai dengan ketulusan hati serta berbela rasa, hal ini dapat terwujud dalam:
a. Mewujudkan kepedulian dan solidaritas dengan sesama  yang lemah, miskin, dan menderita, baik jasmani maupun rohani sesuai dengan teladan Bunda Elizabeth.

b. Membuat kebijakan yang mendukung keberpihakan terhadap yang miskin, lemah, dan tersisih.

c. Mencintai dengan tulus melampaui batas-batas suku, agama, ras, budaya, status sosial tanpa diskriminasi.

d. Ikut serta merasakan penderitaan sesama dengan sikap empati dan keramahan (rela berkorban, siap sedia,murah hati, penuh perhatian, tenggang rasa, dan terbuka untuk dialog).

e. Melayani  demi “keselamatan” anak-anak yang  dilayani.

f.  Mengembangkan sikap murah hati di antara para “pelayan pendidikan” maupun peserta didik.

g.  Melayani dengan semangat “demi cinta Allah aku akan menolong mereka yang berkesesakan hidup, maka aku akan cukup kaya dengan rahmat dan cinta Allah”

2.  Celebration 
merupakan ungkapan iman yang dalam. komitmen kita sebagai pribadi yang mengandalkan diri sepenuhnya kepada penyelenggaraan Allah , hal ini dapat terwujud dalam :

a. Melayani dengan penuh kegembiraan.

b. Sikap kerendahan hati dengan menyadari bahwa kita hanyalah alat di tangan Tuhan

c.  Mengembangkan sikap hidup yang beriman dan berpengharapan

d.  Mengembangkan dan mengamalkan talenta demi kebaikan bersama

e.  Mensyukuri hidup sebagai anugerah

f.  Kerelaan untuk selalu berterima kasih dengan tulus, tanpa banyak mengeluh maupun menuntut.

g.  Kesiapsediaan yang tinggi dalam melayani anak-anak yang menjadi fokus pelayanan

h.  Mampu melihat berbagai peristiwa dalam pelayanan pendidikan sebagai pengalaman yang positif, berharga, dan disyukuri.

3.  Competence 
merupakan kemampuan untuk menghargai harkat dan martabat manusia. komitmen kita sebagai pribadi yang memperjuangkan kehidupan keahlian dan penguasaan pengetahuan, hal ini dapat terwujud dalam :

a. Menciptakan ruang gerak untuk berkembangnya pemberdayaan dan pemandirian mereka yang dilayani

b. Mengembangkan kecakapan hidup secara optimal  dan seimbang

c.  Melayani penuh tanggung-jawab

d.  Mengembangkan budaya eksplorasi

e.  Memperlakukan peserta didik sebagai rekan belajar

f.   Memperhatikan profesionalitas

g.  Mengembangkan pengetahuan tentang lingkungan

h.  Memelihara keseimbangan ekosistem di lingkungan sekitar karya pelayanan pendidikan.

i.   Memberi  ruang untuk berkembangnya IQ, EQ,SQ, AQ secara seimbang kepada tiap pribadi dan tanpa diskriminasi

j.  Mampu memanfaatkan sarana dan prasarana yang memadai untuk perkembangan.

k. Membuka diri akan perkembangan iptek, arus modernisasi dan globalisasi secara kritis, selektif, dan realitis.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

SMP Santo Yosef Surabaya

6

Featured Posts